Search
X

June 25, 2021

Penandatanganan Perjanjian Kerjasama Kegiatan (PKK) antara TNI Angkatan Darat dan LBM Eijkman

Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama Kegiatan (PKK) antara Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI AD) dan Lembaga Biologi Molekuler (LBM) Eijkman telah dilakukan pada Jumat, 25 Juni 2021. Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari Perjanjian Kerja Sama antara Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KASAD) dengan Kepala LBM Eijkman yang telah dilakukan sebelumnya pada tanggal 18 Mei 2021 di Markas Besar Angkatan Darat (MABESAD).

 

Kepala LBM Eijkman Prof. dr. Amin Soebandrio, PhD. Sp. MK(K) dan KASAD Jenderal Andika Perkasa, SE., MA., MSc., MPhil., PhD. menyaksikan penandatanganan Perjanjian Kerjasama Kegiatan antara Wakil Kepala LBM Eijkman Bidang Penelitian Fundamental Prof. dr. Herawati Sudoyo, MS., PhD dengan Kepala Pusat Kesehatan Angkatan Darat (PUSKESAD) Mayjen TNI dr. Budiman, Sp.BP-RE (K)., M.A.R.S. yang bertempat di Auditorium Sitoplasma, LBM Eijkman. Acara diadakan dengan menerapkan protokol kesehatan ketat dengan undangan sangat terbatas.

Foto: Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama Kegiatan Penelitian Malaria antara Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat dan Lembaga Biologi Molekuler Eijkman  pada Jumat, 25 Juni 2021.

Lembaga Eijkman telah melakukan kerjasama penelitian di bidang pengobatan malaria dengan TNI AD, khususnya dengan  PUSKESAD dan Lembaga Kesehatan Militer (Lakesmil DITKESAD) selama lebih dari 10 tahun dan hasilnya telah dipublikasikan di jurnal internasional.  Saat ini, ada dua PKK yang ditandatangani yaitu Kerja Sama Penelitian Serologi Kekambuhan pada Malaria Vivax dan Evaluasi Vaksin Malaria.

 

Acara ini juga dihadiri oleh Sekretaris Utama Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Dr. Mego Pinandito, M.Eng, Sekretaris Utama LBM Eijkman drh. Safarina G. Malik, MS. PhD., Dirbin Litbang PUSKESAD Kol. Ckm. Dr. Noch Tiranduk Mallisa, MKes., Kol. dr. Yusron dan beberapa staf yang terkait pada penelitian tersebut.

 

Foto: KASAD beserta jajaran, Kepala LBM Eijkman beserta tim peneliti, dan undangan mengadakan foto bersama setelah acara penandatangan PKK.

Penandatanganan PKK ini diharapkan dapat memperkuat penelitian di bidang kesehatan, termasuk malaria sehingga dapat menghasilkan berbagai terobosan baru bagi penanganan kesehatan masyarakat Indonesia dan dunia umumnya. Setelah acara penandatanganan PKK dilaksanakan, KASAD dan tamu undangan juga berkenan meninjau fasilitas penelitian LBM Eijkman.

 

Foto: KASAD dan undangan meninjau fasilitas laboratorium dan kegiatan penelitian di LBM Eijkman.

***

Informasi lebih lanjut dapat menghubungi:

 

Rintis Noviyanti, PhD

Head of Malaria Pathogenesis Unit

Eijkman Institute for Molecular Biology

rintis@eijkman.go.id

 

Dr. Mutia Rahardjani

Eijkman Oxford Clinical Research Unit

mrahardjani@eocru.org

 

Benediktus Yohan; Frilasita Aisyah Yudhaputri, Wuryantari Setiadi

Public Relation, Cooperation and Protocol

Eijkman Institute for Molecular Biology

Jl. Diponegoro 69 Jakarta 10430

Telp.: +62 21 3917131

Fax.: +62 21 3147982

Email: info@eijkman.go.id             

Facebook fanpage: Lembaga Biologi Molekuler Eijkman

Instagram: @eijkmaninstitute

Twitter: @eijkman_inst