Search
X

Feb. 24, 2016

Seminar Setengah Hari - Global Threat of Zika Virus

Pada tanggal 24 Februari 2016, Lembaga Biologi Molekuler Eijkman (LBME) menyelenggarakan seminar setengah hari dengan tema “Global Threat of Zika Virus”.  Seminar ini terselenggara atas kerjasama antara LBME dengan US Centre for Disease Control & Prevention (CDC) Fort Collins, Colorado, dengan tujuan untuk diseminasi hasil riset virus Zika di Lembaga Eijkman, berbagi pengetahuan, bertukar pengalaman untuk meningkatkan kemampuan dalam deteksi virus Zika.

Seminar tersebut dibuka oleh Prof. Amin Soebandrio dr., Ph D., Sp.MK(K), selaku Kepala LBME. Adapun pembicara yang telah berbagi pengetahuan dan pengalaman adalah pertama, Herawati Sudoyo, MD., PhD., Deputi Direktur Bidang Penelitian Fundamental LBME dengan judul presentasi ”Zika dan Peningkatan Kemampuan Deteksi Dini Virus Emerging”. Pembicara kedua, Khin Saw Myint, MD., PhD., Peneliti Emerging Virus Research Unit LBME, telah memaparkan presentasinya dengan judul ’ Detection and Isolation of Zika Virus in Jambi, Indonesia’.  Dr. Myint membicarakan hasil penelitian LBME pada tahun 2015 dalam kaitannya dengan konfirmasi dan isolasi kasus infeksi virus Zika pertama di Jambi, Indonesia, secara molekuler maupun isolasi virus. Hasil penelitian tersebut merupakan kerjasama antara dua unit di LBME, yaitu Unit Dengue dan Emerging Virus Research Unit, serta Rumah Sakit Siloam, Jambi, dan US CDC Fort Collins, Colorado, USA.

Pembicara lainnya, yaitu Ronald Rosenberg, ScD, sebagai Associate Director Global Health, National Center for Emerging & Zoonotic Diseases, Centers for Disease Control & Prevention (CDC), USA. Dengan judul topik “Zika Virus Invades the Americas”, Dr Rosenberg telah memaparkan perkembangan epidemiologi virus Zika secara global serta hal-hal penting yang harus dilakukan dalam upaya memerangi ancaman virus Zika.

Lembaga Eijkman berharap dengan adanya seminar ini, dapat memberikan pemahaman dan wadah diskusi mengenai topik terkait virus Zika yang sedang marak saat ini sehingga bagi semua pihak baik itu individu, organisasi, maupun lembaga pemerintahan dapat menentukan sikap dan langkah yang tepat dalam menghadapi “Global Threat of Zika Virus”.

Adapun total pesertadalam  acara seminar tersebut adalah 147 orang dari berbagai Institusi di Indonesia.